Rabu, 21 Januari 2009

IPTEK

ILMU DAN TEKNOLOGI


Pendahuluan
Menurut pengertian bahasa, ilmu dapat diterjemahkan sebagai. pengetahuan. Sehingga nama pengetahuan menceminkan adanya redudensi peristilahan (words redudancy), yang tujuannya untuk lebih menegaskan suatu makna, seperti jatuh ke bawah, naik ke atas dan lain sebagainya. Ada dua jems pengetahuan, yaitu "pengetahuan ilmiah" dan "Pengetahuan Biasa". Pengetahuan Biasa (knowledge) diperoleh dari keseluruhan bentuk upaya kemanusiaan, seperti perasaan pikiran, pengalaman, pancaindera dan intuisi untuk mengetahui sesuatu tanpa memperhatikan objek, cara dan kegunaannya. Sedangkan "Pengetahuan Ilmiah" (science) juga merupakan keseluruhan bentuk upaya kemanusiaan untuk mengetahui sesuatu, tetapi dengan memperhatikan obyek, cara yang digunakan dan kegunaan dari pengetahuan tersebut. Dengan kata lain, pengetahuan ilmiah memperhatikan obyek ontologis, landasan epistemologis dan landasan aksiologis dari pengetahuan itu sendiri. Baik Science atau knowledge pada dasamya keduanya merupakan hasil observasi pada fenomena alam atau fenomena sosial. Dengan demikian, ilmu pengetahuan memiliki cakupan yang amat luas, yaitu ilmu pengetahuan alam, sosial budaya dan seterusnya.

Penjelasan di atas, merupakan penjelasan umum ilmu dan keterkaitannya dengan istilah Seins (Science) dan Knowledge, namun apabila dilihat dari sisi bawah makna yang terkandung dalam kata ilmu perlu lebih ditegaskan. Untuk menghindari kesalahpahaman, perlu dilakukan pambahasan tentang peristilahan Sains dan ilmu. Seringkali istilah Sains (Science) dan Ilmu ('Ilm) disepadankan, sehingga memberikan pensifatan yang sepadan pula yaitu antara Scientific dengan ilmiah. Penyepadanan antara ilmu dengan Sains, dimana Sains hanya berkaitan dengan obyek-obyek inderawi adalah menyempitkan makna ilmu yang sebenamya. Konsekwensi dari penyepadanan tersebut adalah mengeluarkan obyek-obyek yang tidak bisa diketahui, namun bisa dikenali (Ma'rifah), seperti hal-hal yang terkait dengan "ke-Tuhanan" dikeluarkan dari wilayah ilmu. Implikasi lebih jauhnya, tersirat dalam penggunaan kata "Ilmiah" (Scientific).

Segala pernyataan yang tidak "ilmiah" (tidak Sceintific) dianggap lebih rendah nilainya. Yang pada gilirannya berarti segala ilmu yang bersumber dari agama yang tidak bisa "dibuktikan" secara inderawi (masalah moral sebagai misal) menjadi tidak bernilai. Penyempitan makna ini, baik secara sadar atau tidak, telah memberikan isyarat tentang terjadinya proses penghapusan makna-makna ruhaniah (sekuralisasi) yang sesungguhnya memang dimulai dari pemberian makna suatu bahasa.
Dalam pembahasan di sini, tidak.dilakukan perbedaan antara Sains dan Ilmu dan tidak pula dilakukan penyempitan makna atau lingkup otoritas dari Sains. Artinya Sains yang dimaksudkan di sini bisa memiliki otoritas cakupan sama dengan yang dimiliki oleh limu.


Sains merupakan keseluruhan bentuk upaya kemanusiaan untuk mengetahui sesuatu dengan memperhatikan objek (Otologi), cara (episteinologi) dan kegunaaninya (aksiologi). Berangkat dari tiga kerangka tersebut, dengan memanfaatkan kemampuan akal untuk memahami fenomena alam semesta (keseluruhan ciptaan atau mahluk Allah) sebagai objek pemahaman yang pada akhirnya hasil pemahaman tersebuti dipergunakan untuk memberikan nilai manfaat sebesar-besamya bagi kemanusiaan.


Dalam perkembaiigan diskursus ilmu, daerah perbedaan yang sering terjadi dalam Sains adalah pada Epistemologi dan Aksiologi. Perbedaan itu terjadi di sekitar persoalan apakah sains itu bebas nilai atau surat nilai. Bagi kita bangsa Indonesia, atau umumnya pada bangsa dari negara-negara yang sedang berkembang persoalan mendasarnya bukanlah berada diskursus (discourse) tentang apakah ilmu itu bebas atau sarat nilai. tetapi lebih mendasar yaitu bagaimana kita bisa menguasai dan memanfaatkan ilmu untuk kemaslahatan (kesejahteraan) masyarakat secara luas.


Para filosofi masih berbeda pendapat tenatng bagaimana memperoleh Sains itu. Sehingga muncullah beberapa aliran antara lain : Skeptisme, Academic Doubt, Rasionalisme, Empirisme dan Intuisi. Aliran-aliran tersebut pada umumnya berbeda di dalam melihat fungsi dari panca indera dan akal, seakan terjadi pertentangan antara citra inderawi (mahshushat) dengan citra akliah (mu'qulat). Dalam dimensi keimanan, dari aspek aksiologinya, penguasaan Sains semuanya harus bermuara pada Peningkatan Kualitas Keimanan yang disimbolkan dengan. pengakuan kekuasaan Tuhan yang dalam konteks penciptaan, bahwa segala ciptaan Tuhan tidak ada yang sia-sia. jadi ada keterpaduan (koherenitas) antara penguasaan Sains dengan peningkatan 'kualitas Keimanan. Di samping pengakuan akan kekuasaan Tuhan, munculnya rasa takut dan permohonan -perlindungan dari kegagalan yang hakiki yaitu heraka.


Pengertian Teknologi

Beberapa pengertian teknologi telah diberikan atara lain oleh David L. GOETCH : people tools, resources ,to solve problems or to extend their capabilities. Sehinga teknologi dapat dipahami sebagai "upaya" untuk mendapatkan suatu "produk" yang dilakukan oleh manusta dengan memanfaatkart peralatan (tools), proses dan sumberdaya (resources).


Pengertian yang lain, telah diberikan oleh Arnold Pacey "The application os scientific and other knowledge to practical task by ordered systems. that involve people and organizations, living things and machines". Dari definisi ini nampak, bahwa teknologi tetap terkait pada pihak-pihak yang terlibat dalain perencanaannya, karena itulah teknologi tidak bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.


Definisi teknologi yang lain diberikan oleh Rias Van Wyk "Technology is a "set of means" created by people to facilitate human endeavor". Dari definisi tersebut, ada bebempa esiensi yang terkandung yaitu :

Teknologi terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan teknotogi bersama dengan keberadaan budaya umat manusia.
Teknologi merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
Teknologi merupakan himpunan dari pikiran (set of means), sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat universal, tergantung dari sudtit pandang analisis
Teknologi bertujuan untuk memfasilitasi human endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga tekno logi harus mampu merungkatkan performansi (kinreja) kemampuan manusia.

Dari definisi di atas, ada 3 (tiga) entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, Skill (Keterampilan), Algorithnia (Logika berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).Dalam pandangan Management of Technology, Teknologi dapat digambarkan dalam beragam cara

Teknologi sebagai makna uiituk memenuhi suatu maksud di dalamnya terkandung apa saja yang dibutuhkan untuk merubah (mengkonversikan) sumberdaya (resources) ke suatu produk atau jasa.
Teknologi tidak ubahriya sebagai pengetahuan, sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan (objective).
Technologi adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru.


Hubungan Ilmu Teknologi, Pengetahuan, Seni dan Agama

Proses Alir Teknologi (Technology Flow Process)
Suatu teknologi biasanya dimulai dari imajinasi baik secara individual atau kelompok dengan memanfaatkan sentuhan fenomena almn dan kebutuhan-kebutuhan praktis. Dari imajinasi tersebut seorang individu atau kelompok mengembangkan menjadi suatu temuan (Invention).


Daya invensi tersebut sangat dipengaruhhi oleh kreatifitas, kemampuan menangkap fenomena alam dan kebutuhan praktis dalam memenuhi kebutuhan hidup. Ujung dari semua itu terletak pada kualitas Sumber Daya Manusia, yang didalamnya pendidikan sebagai salah satu faktor yang sangat dominan. Hasil dari invensi tersebut memiliki dua kemungkinan yang pertama dapat "dikemas" untuk memenuhi kebutuhan pasar (marketed) dan yang kedua hasil invensi tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan atau tidak dapat dikomersialkan. Produk teknologi yang berada di pasar akan mengikuti "Siklus Teknologi" (Technology Cycle) yang diakhiri dengan masa kadaluwarsa (Obsolete) suatu produk teknologi.


Sedangkan Siklus Teknologi (Technology Cyclc,) terdiri dari 5 (lima) Fase yaitu : Fase Kesadaran (Awareness Phase), Fase Akuisisi (Acqtiuisition Phase), Fase Adaptasi (Adaptatio" Phase), Fase pengembangan (Advancement Phase) dan diakhiri dengan Fase Kedaluwarsa.(Abandonment Phase).


Multi Makna Penguasaan IPTEK

Terdapat koreksi yang kuat antara kemajuan suatu bangsa dan penguasaan IPTEK. Beberapa indikator dapat dijadikan sebagai tingkat penguasaan IPTEK antara lain ; Tingkat Literacy (melek huruf), Rasio jumlah tenaga ahli atau pakar terhadap jumlah populasi, jumiah anggaran (%) yang dialokasikan untuk kegiatan keilmuan (Riset dan Pengembangan). Jumiah karya ilmiah (karya tulis, patent dan lain sebagainya). Data berikut ini (tabel 7. 1) memberikan gambaran bagaiinana bangsa Indonesia masih harus beduang lebih serius dalam pe guasaan IPTEK.

Meskipun data tersebut relatif lama yaitu 12 (dua belas) tahun yang lalu, namun secara relatif data tersebut masih dapat dipergunakan untuk menggambarkan keadaan sekarang ini. Menurut Prof De Solla Proce, terdapat hubungan kesebandingan antara jumlah pakar (saintis dan insinyur) yang melakukan tiset dan pengembangan di suatu negara dengan GNP (Gross National Product atau Produk -National Bruto) per kapital.


Perbandingan Jumiah Pakar dan GNP di Beberapa Negara

Negara US$ GNP/CAP Pakar / juta penduduk Pakar / juta per $ 1000 GNP / CAP
Amerika Serikat 16.690 6.500 390
Perancis 9.540 4.500 472
Jerman Barat 10.925 3.000 275
Jepang 11.300 6.500 575
Belanda 9.290 4.500 484
Inggris 8.460 3.200 361
Pakistan 380 99 281
Indonesia 530 64 121
Nigeria 760 52 68
Turki 1.130 353 312
Iran 1.778 203 114
Israel 16.000

Penguasaan IPTEK memiliki beragam makna stratcgis yaitu untuk meningkatkan Kepercayaan Diri (Self Cotifidetice atau Self Reliatice), Kemandirian (Indepeiidence), Kesejahteraan ekonomi (Economical Welfare), dan Kewibawaan (Prestige). Keempat makna strategis tersebut dan pentingnya penguasaan IPTEK secara umum dapat disepakati oleh para ahli. Kontraversi yang seringkali muncul justru pada penentuan prioritas di dalam memilih jenis teknologi. Mana yang harus didahulukan, apakah teknologi rendah (Low Tech; biasanya dikaitkan dengan istilah kerakyatan) atau teknologi tinggi (High Tech). Dalam penerapannya, keempat makro tersebut memiliki tekanan yang berbeda tergantung dari tujuan asal penguasaan IPTEK tersebut. Jadi untuk mengevaluasi keberhasilan dari suatu penguasaan IPTEK harus ditinjau dengan menggunakan empat aspek tersebut, walaupun dengan pembobotan masing-masing aspek tersebut berbeda.


Pancasila sebagai Landasan Filosofis Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)

Pasal 2 UU-RI No. 2 Tahun 1989 menetapkan bahwa Pendidikan Nasional bedasarkan Pancasila dan UUD 45. Sedangkan Ketetapan MPR RI No. 11/MPR/1987 tetang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) menegaskan bahwa Pancasila itu adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, kepribadian bangsa Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia dan dasar negar Republik Indonesia.

P4 atau Ekaprasetya Pancakarsa sebagai petunjuk operasional pengamalan Pancasiladalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang pendidikan . Perlu ditegaskan bahw Pengamalan Pancasila itu haruslah dalam arti keseluruhan dan keutuhan kelima sila dalam Pancasila itu, sebagai yang dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 , yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam Buku I Bahan Penataran P4 dikemukakan bahwa Ketetapan MPR RI No. 11/MPR/1989 tersebut diatas memberi petunjuk-petunjuk nyata dan jelas wujud pengamalan kelima sila dari Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar