Rabu, 14 Januari 2009

ANALISIS KINERJA DAN REDESAIN TURBIN AIR MICRO HIDRO

Tantangan tentang sumber energi yang berfokus kepada penggunaan minyak bumi sangat menghawatirkan, oleh karena itu perlu dikaji tentang energi alternatif. pengganti. Salah satu energi alternatif yang terbarukan dan tidak polutif adalah energi air. Energi air dapat digunakan sebagai tenaga penggerak turbin untuk menghasilkan tenaga. Tenaga yang dihasilkan oleh turbin dapat menggerakkan peralatan mekanis lainnya ataupun generator untuk membangkitkan energi listrik.

Redesain ini dibuat dengan tujuan untuk menentukan jenis turbin yang akan digunakan untuk pembangkit, menentukan prestasi kerja turbin dan menentukan ukuran-ukuran utama turbin, untuk menghasilkan daya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari hasil Redesain berdasarkan daya (hp) dan head (ft) diperoleh kecepatan spesifik (nqr) sebesar 67,82 rpm maka diketahui bahwa turbin yang digunakan adalah turbin Francis.Dalam Redesain ini besar daya yang dihasilkan turbin adalah 77,95 kW dengan efisiensi 90 % dan untuk daya generator adalah 76,391 kW dengan efisiensi 98 %.

A. Latar Belakang
Dimasa ini Negara kita Indonesia sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan di segala bidang mulai dari kota besar hingga ke pelosok – pelosok pedesaan. Hal ini merupakan program pemerintah yang berkesinambungan pada tiap-tiap pelita, untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia yaitu masyarakat adil dan makmur. Dengan adanya pembangunan ini khusunya bidang industri maka tenaga listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting.

Upaya untuk memperoleh energi listrik dapat di peroleh melalui beberapa metode konversi energi, misalnya dengan sistem pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pembangkit listrik tenaga air (PLTA), maupun system lainnya. Pemanfaatan energi tersebut harus di sesuaikan dengan potensi alam yang tersedia dan besar kapasitas yang diinginkan

Sejalan dengan pemikiran diatas maka kita melirik keadaan alam di propinsi yang mempunyai sungai-sungai yang cukup banyak jumlahnya, dimana sungai-sungai tersebut sangat berpotensi sebagai sumber tenaga, khususnya sebagai pembangkit listrik baik dalam skala besar, kecil, terlebih-lebih untuk pembangkit mini dan mikro.

B. Tujuan
1. Menganalisis parameter-parameter yang mempengaruhi kinerja turbin air.
2. Menganalisis kinerja turbin air dengan variabel debit air untuk mengetahui kinerja operasi.
3. Mengetahui berapa besar daya yang perlu dibangkitkan PLTMH untuk memenuhi kebutuhan energi listrik.

C. Batasan Masalah
Mengingat sangat luasnya persoalan yang tercakup dalam menganalisis kinerja turbin air mikro hidro maka pada analisis ini membatasi permasalahan yang akan dibahas sebagai berikut:
1. Turbin yang diteliti adalah turbin air pada unit PLTMH.
2. Data yang diambil dari data operasional dan data teknis.
3. Analisa perhitungan ditinjau dari pembukaan katup yang bervariasi.
4. Data yang diambil pada beban konstan.
5. Putaran Poros pada turbin dianggap konstan.

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi PenulisMemberikan informasi mengenai kinerja turbin air Microhidro.
2. Bagi AkademikSebagai bahan referensi dalam melakukan pengujian atau percobaan yang berhubungan dengan turbin air.
3. Bagi masyarakata.
a. Menjadi bahan referensi dalam bidang ketenagalistrikan, khususnya tenaga air.
b. Mendukung pembangunan wilayah dan infrastruktur.
c. Secara tidak langsung, penelitian dapat dipakai untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di desa.

2 komentar:

  1. Wuih membaca artikel ini banyak manfaat ternyata...Ilmu yg dulu tersimpan kembali menetas muncul...
    Mantab Mas Eka...
    Berjuang terus

    BalasHapus